“Thiwul Ayu” Griya Dahar Mbok Sum

“THIWUL AYU” GRIYA DAHAR MBOK SUM

Oleh: Ghaida Fahma Laksita Dewi

Editor: Cerry Surya Pradana

Gapura selamat datang menuju Griya Dahar “Mbok Sum”(dokumentasi:Ghaida)

           Gapura selamat datang menuju Griya Dahar “Mbok Sum”

 (Dokumentasi oleh Ghaida)

A. PENGANTAR

Salah satu joglo yang berada di lantai dua rumah makan. (Dokumentasi oleh Ghaida)

Griya Dahar “Mbok Sum” ini terletak di Jalan Mangunan KM 4,5, Mangunan, Dlingo, Cempuk Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Griya Dahar Mbok Sum ini mudah ditemukan, karena lokasi rumah makan yang berada di pinggir jalan raya. Selain itu, Griya Dahar ‘Mbok Sum’ dekat objek wisata Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus. Kurang lebih 10 menit menggunakan kendaraan bermotor dari kedua objek wisata tersebut.

Thiwul merupakan makanan tradisional yang terbuat dari singkong atau orang jawa menyebutnya dengan gaplek. Terutama masyarakat Gunungkidul tentu tidak asing dengan makanan tradisional ini. Sebab, dahulu Thiwul dijadikan sebagai makanan pokok bagi masyarakat sekitar. Ketika stok bahan pokok makanan seperti beras sudah habis, thiwul yang terbuat dari singkong ini menjadi makanan pokok selain nasi. Karena saat itu lahan masyarakat yang bisa ditanami hanyalah dengan singkong atau gaplek itu.

B. LATAR BELAKANG

Griya Dahar ‘Mbok Sum’ didirikan oleh dua orang pemrakarsa, yaitu seorang ibu dan seorang anak. Tidak lain ialah Ibu Suminem atau Mbok Sum dan putri beliau yang bernama Ibu Triati. Rumah makan ini sudah dibuka sejak tahun 2016. Mbok Sum dan Ibu Triati bekerja sama untuk membangun rumah makan ini dengan melihat potensi wisata di daerah tersebut. Dimana lokasi rumah makan ini adalah jalur wisatawan untuk menuju Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan. Selain itu, jalur ini juga menjadi jalan alternatif Gunungkidul-Bantul dan sebaliknya.

Daftar menu Griya Dahar ‘Mbok Sum’ (Dokumentasi oleh Ghaida)

Dalam perkembangan zaman globalisasi ini, Mbok Sum dan Ibu Tri menawarkan dua menu spesial dari Griya Dahar ‘Mbok Sum’ agar thiwul tetap diminati oleh masyarakat. Menu spesial dari Griya Dahar Mbok Sum adalah Thiwul Ayu dan Thiwul ayam kampung. Thiwul ayu sendiri adalah thiwul yang sudah dikombinasi dengan rasa-rasa yang manis seperti, coklat, gula pasir, gula jawa, aneka buah dan keju. Thiwul ayam kampung adalah thiwul gurih yang disajikan dengan ayam kampung goreng dengan bumbu rempah-rempah yang meresap ke dalam daging.

 

 

 

 

C. KEUNIKAN

Thiwul ayu rasa coklat (Dokumentsai oleh Ghaida)

Thiwul ayu dan Thiwul Ayam kampung, mungkin kita akan jarang menemukan dua menu makanan itu di perkotaan bahkan di restoran. Apalagi dengan inovasi baru seperti thiwul ayu yang mana ditambah dengan rasa-rasa agar kita yang menikmati tidak bosan dan punya pengalaman baru. Thiwul ayu ini juga jarang ditemukan, yang sering kita jumpai adalah thiwul yang pada umumnya dengan parutan kelapa. Jadi bagi orang – orang yang tidak suka dengan rasa thiwul yang original, bisa mencoba thiwul ayu. Selain itu, seperti tagline dari rumah makan Griya Dahar ‘Mbok Sum’ yang mengatakan bahwa “Thiwul Ayam Kampung Pertama di Dunia” telah membranding thiwul mereka disajikan dengan ayam kampung goreng. Ini tentu menarik, orang akan penasaran seperti apakah rasa dari thiwul ayam kampung pertama di dunia itu.

D. PEMANFAATAN MASA KINI

Thiwul ayam goreng kampung (Dokumentasi oleh Ghaida)

Thiwul dahulu digunakan sebagai makanan pokok dari nasi, karena di daerah pegunungan seribu seperti Gunungkidul mengalami kekeringan. Saat ini thiwul digunakan sebagai objek untuk menarik wisatawan datang. Selain itu juga meningkatkan pendapatan daerah sekitar dan tentu meningkatkan sumber daya manusia sekitar. Sebab pengunjung datang itu untuk mencoba dan menikmati bagaiman rasa dari thiwul ayam kampung dan thiwul ayu tersebut. pengunjung yang datang kesana rata-rata adalah wisatawan atau pengunjung dari kota lain.

E. TIKET DAN FASILITAS

Tidak ada patokan harga tiket untuk masuk ke Griya Dahar ‘Mbok Sum’. Karena pengunjung yang datang kesana untuk makan thiwul. Di area depan rumah makan, disediakan parkiran untuk mobil, motor dan bus pariwisata yang begitu luas. Fasilitas-fasilitas yang disediakan lengkap antara lain, mushola, kamar mandi, dan tempat makan yang berupa gazebo, pendopo, joglo. Selain itu, disana juga menyediakan sound system dengan harga sewa yang beragam. Jadi, tempat-tempat yang ada di Griya Dahar bisa dipesan atau reservasi untuk acara-acara tertentu. Tempat makan begitu luas, bersih dan nyaman. Rumah makan ini buka dari pukul 05.00 – 09.00 WIB.

F. Denah Lokasi

 

Narasumber     :

Pelayan rumah makan Griya Dahar Mbok Sum

Sumber Internet          :

http://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/ampamp/@kumparannews/thiwul-ayu-mbok-sum-inovasi-panganan-tradisional, diakses pada Senin, 23 September 2019 pukul 15.53 WIB

http://www.negerikuindonesia.com/2015/06/tiwul-makanan-tradisional-dari-gunung.html?m=1, diakses pada Senin, 23 September 2019 pukul 16.30 WIB

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.